Kelebihan Toyota Yaris

Kelebihan Toyota YarisKelebihan Toyota Yaris

Setelah melihat keunggulan dari sudut pandang Honda Jazz, sekarang kami bahas dari bagian Toyota Yaris. Seperti sudah dijabarkan sebelumnya, Jazz punya beberapa kelebihan yang tidak ada di Yaris. Namun bukan berarti unggul mutlak. Ada saja kekurangannya, yang ternyata dimiliki Yaris sebagai daya pikat utama.

Desain Segar

Kelebihan Toyota Yaris

New Yaris sebenarnya hanya model facelift. Tapi perubahannya hampir menyeluruh ibarat berganti generasi. Padahal, masih masuk dalam generasi ketiga (XP150). Melihat tampilannya jadi terasa asing dan segar dipandang ketimbang Honda Jazz. Karena Jazz generasi sekarang, sudah ada sejak 2014 dan hanya alami facelift jauh lebih ringan dari Yaris.

Meski desainnya tak masuk selera banyak orang, tipe tertinggi terasa spesial berkat aplikasi full body kit TRD. Lebih menggambarkan varian sporty dari divisi khusus Toyota ketimbang Jazz tipe RS.

Varian Lebih Beragam

New Yaris memiliki 3 varian: tipe E, G dan TRD Sportivo. Lebih banyak dari Jazz yang hanya ada dua tipe, S dan RS. Sehingga pilihan untuk konsumen pun beragam dengan rentang harga lebih luas. Yaris paling murah tipe E M/T dibanderol Rp 235,4 juta, sampai tipe termahal Yaris TRD CVT seharga Rp 275,9 juta. Sehingga konsumen mendapat opsi lebih banyak untuk disesuaikan dengan kemampuan.

7 Airbag

Tadinya, Toyota tergolong pelit memberikan fitur keselamatan dan keamanan. Sekarang seolah tersadar dan justru ingin menjadi yang terdepan. Tidak tanggung-tanggung, 7 buah kantung udara tersemat di New Yaris untuk melindungi seluruh penumpang. Letaknya ada dua, pengemudi dan penumpang depan, ditambah airbag lutut untuk pengemudi saja. Kemudian side airbag dan curtain airbag untuk memproteksi dari tabrakan samping. Bukan hanya menang dari Jazz, tapi Yaris juga unggul dari semua rival di kelasnya.

VSC dan HSA

Fitur yang semakin tren saat ini dan mulai banyak diaplikasi di mobil-mobil terbaru. Adanya Vehicle Stability Control (VSC) menambah unsur keselamatan aktif saat sedang berkendara. Fungsinya mencegah mobil melintir yang disebabkan gejala understeer maupun oversteer. Biasanya, sangat membantu saat sedang menikung dalam kondisi jalan licin, atau menjaga posisi mobil bila harus melakukan banting setir.

Lalu fitur Hill Start Assist (HSA) berguna saat mobil berada di tanjakan curam. Ketika berhenti dan hendak melaju kembali, posisi mobil tak merosot turun karena ditahan fitur ini. Istimewanya, 7 airbag, VSC dan HSA ada di seluruh tipe Yaris.

Sport/Eco Mode

Di transmisi CVT Yaris terbaru khusus tipe TRD, diberi tambahan mode berkendara Sport dan Eco. Jadi kinerja transmisi bisa disesuaikan dengan yang diinginkan mengemudi. Jika sedang di tengah kepadatan lalu lintas kota, mode Eco berfungsi menjaga efisiensi bahan bakar. Jika butuh akselerasi cepat, tinggal pilih mode Sport maka CVT berubah semakin agresif.

 

SUMBER : oto.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *